Kamis, 19 November 2015

Analisis web E-Commerce (Lazada.co.id)

A. Sejarah Lazada.co.id

Lazada.co.id The Fastest Growing e-Commerce in Indonesia – Keberhasilan sistem perdagangan online (eCommerce) di Indonesia tidak lepas dari antusiasme masyarakat Indonesia yang mendambakan sebuah kepraktisan dalam berbelanja. Lazada.co.id adalah salah satu toko online terbaik tanah air yang hadir dengan konsep produk yang lengkap dan kemudahan belanja online pesan antar. Adalah sebuah perjalanan yang menabjubkan bagi Lazada.co.id dan orang-orang dibelakanganya yang membuat Lazada menjadi besar seperti sekarang.

Bayangkan saja, Dalam kurun waktu satu tahun, Lazada.co.id kini telah menjadi toko online terbesar di Indoneia. Wajar bila banyak yang menjuluki Lazada.co.id sebagai “The Fastest Growing e-commerce in Indonesia”


B. Sistem Penjualan Lazada.co.id

Lazada.co.id dapat juga disebut dengan toko online adalah sistem penjualan dengan menggunakan jasa internet, berbasis web dan dapat bertransaksi dengan online tanpa adanya tatap muka antara pembeli dan penjual. Ini tentu saja memudahkan para pembeli yang berasal dari daerah yang jauh untuk melakukan transaksi dengan harga yang normal. Tentu saja daerah si pembeli yang jauh akan mempengaruhi lama tidaknya barang yang dibeli sampai ke pembeli tersebut.
Saya akan mencoba menjelaskan tentang langkah-langkah dalam penjualan online yang dilakukan oleh lazada.co.id :

1. Pembeli diharuskan untuk menggunakan internet untuk mengakses ke web lazada.co.id

2. Lalu pembeli memilih/mengklik produk yang diinginkan sesuai dengan daftar produk yang telah disediakan oleh lazada.co.id beserta dengan harganya dan potongan pembelian.

3 .Lalu pembeli akan disuguhkan dengan informasi-informasi tentang produk yang dipilih tersebut yaitu tentang spesifikasi produk/konten produk dan ulasan produk yang berisi tentang komentar dan penilaian pemakai lainnya.
4. Selain itu juga disediakan informasi tentang jangka waktu pengiriman yang berbeda di setiap provinsinya dan ketersediaan stok produk tersebut.

5. Jika dipastikan stok produk tersedia dan sesuai dengan keinginan pembeli maka pembeli cukup mengklik tombol “Beli Sekarang” lalu klik. Jika produk tidak sesuai dengan keinginannya maka dapat mengklik tombol “tutup dan lanjutkan belanja”.

6. Langkah selanjutnya adalah pembeli diharuskan mengisi formulir pembelian. Pembeli tetap memilih pilihan “pembeli tetap” dengan mengisi data email dan kata sandi yang sudah terdaftar dan pembeli yang masih baru dan belum pernah melakukan transaksi di lazada harus menginputkan alamat email pembeli  untuk konfirmasi tentang pembelian.

7. Setelah akun email selesai dimasukan/didaftarkan maka langkah selanjutnya yaitu akan secara otomatis masuk ke halaman Informasi Pengiriman, di mana pembeli diminta untuk mengisi alamat pengiriman yang diinginkan, nomor handphone, provinsi, kota, kecamatan. Bagi alamat yang dikenakan ongkos kirim, maka di samping kolom kecamatan akan muncul informasi “Dikenakan ongkos kirim”, sekaligus tertera biaya “Ongkos Kirim”.  Untuk melanjutkan prosesnya, pembeli mengklik tombol "Lanjutkan".

8. Selanjutnya pembeli memilih metode yang pembayaran yang diinginkan. Ada 3 metode yang disediakan lazada.co.id yaitu bayar di tempat, kartu kredit, dan bank transfer. Metode pembayaran “Bayar di tempat” mengharuskan pembeli berada di wilayah yang sudah tercover oleh lazada.co.id. Metode pembayaran “kartu kredit” mengharuskan pembeli untuk mengisi informasi tentang kartu kredit yang diperlukan. Metode pengiriman “bank transfer” mengharuskan pembeli untuk mentransfer harga produk ke bank yang disediakan oleh penjual. Membeli dengan metode bank transfer mengharuskan pembeli untuk mengkomfirmasikan pengiriman uang dengan menu di home lazada "konfirmasi pembayaran".

9. Setelah dipilih metode pembayaran dan mengisi data yang diperlukan maka lazada.co.id akan memberikan kode pemesanan/ nomor order dan jumlah yang harus dibayarkan. 



C. Kelebihan dan Kekurangan Lazada.co.id

Kelebihan Belanja Online Di Lazada :

1. Beraneka Ragam Produk Tersedia

Jika kita pergi kesuatu toko yang menjual sedikit jenis barang tentu akan membuat kita berfikir kalau ditoko tersebut kurang bagus untuk melakukan pembelanjaan lawong barangnya saja cuma sedikit. Nah di Lazada terdapat banyak sekali barang dan beraneka ragam walaupun masih didominasi oleh produk elektronik. Barang selain eletronik juga tersedia peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain. Jadi kita bisa langsung belanja banyak produk di lazada.

2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan

Diskon merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh konsumen karena konsumen dapat menghemat uang. Lazada beberapa hari terakhir ini seringkali memberikan diskon kepada pelanggannya ada yang dikisaran dibawah 10% hingga diskon diatas 30 persen untuk beberapa produk tertentu. Produk yang beberapa hari yang lalu saya beli dari lazada merupakan produk yang didiskon 20% dari harga awal, lumayan untuk menghemat bukan?

3. Website yang user friendly

Bagi orang awam belanja ditoko online terkadang menyulitkan dan membingungkan, tapi tidak dengan belanja di lazada. Karena diwebsite mereka memiliki tampilan yang menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup mudah dimengerti sehingga kita sebagai konsumen tidak akan tersasar didalam website mereka. Selain itu di lazada.co.id juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.

4. Bebas Ongkos Kirim

Ongkos kirim terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal untuk barang yang ukurannya besar. Namun Lazada memberikan kemudahan bagi para pelanggannya  dengan menggratiskan ongkos kirim ke lebih dari 100 kota di Indonesia dan tentunya ini cukup bagus untuk perkembangan lazada kedepan karena pasti konsumen memilih yang ongkos kirim gratis.

5. Bisa COD (Cash On Delivery)

Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta sebab saat saya pesan barang untuk di Bandung tidak ada fasilitas COD.

6. Pengiriman Barang Cepat

Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima. Pengalaman saya adalah saat membeli salah satu produk lazada, saya pesan dan melakukan pembayaran pada tanggal 15 agustus 2012 kemudian pada tanggal 16 agustus pukul 10.00 pagi barang sudah sampai di rumah saya dengan selamat.

Kekurangan Belanja Online Di Lazada :

1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama

Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir. Sebagai contoh pengalaman saya pribadi saat konfirmasi pembayaran pukul 10an pagi dan baru menerima konfirmasi pembayaran diterima pukul 3 sore tentu ini waktu yang lumayan tapi masih tergolong cepat karena masih pada hari yang sama. Tapi tentu lebih menyenangkan lagi kalau hanya memerlukan beberapa menit saja untuk mendapatkan konfirmasi.

2. Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota

Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya saja sebab saya di Bandung tidak bisa COD, mungkin untuk lebih memuaskan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan tentu fasilitas COD di setiap kota bisa diterapkan.











Sumber :





Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Keuntungan Melakukan SEO

1# Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

2# Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3# Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.


1. ONE PAGE SEO :
On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya.

a. Tittle tag
b.Meta Description
c.URL
d.Heading
e.Link to Authority Site

2. Off Page SEO
Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs(menggunakan backlink),

Backlink adalah Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.

Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.










Sumber :

E-Commerce dan E-Bussines

Electronic commerce atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Model-Model E-Commerce di Indonesia

1. Iklan Baris, merupakan salah satu bentuk e-commerce yang tergolong sederhana, bisa dianggap sebagai evolusi dari iklan baris yang biasanya ditemui di koran-koran ke dalam dunia online. Penjual yang menggunakan social media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Namun penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi. Contoh iklan baris: OLX.co.id (sebelumnya Tokobagus), Berniaga, dan FJB-Kaskus.
2. Retail, merupakan jenis e-commerce yang dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk. Contoh retail: Berrybenzka, Zalora, dan Lazada.
3. Marketplace, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan. Marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.


Kunci Sukses dalam E-Commerce
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

a.Menyediakan harga kompetitif
b.Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
c.Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
d.Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
e.Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
f.Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
g.Mempermudah kegiatan perdagangan

e-Business atau Electronic business adalah aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan cara memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha.

Model e-Business :
Portal.
E-tailer.
Lelang.
Barter.
Penyedia Konten.
Komunitas.
Afiliasi
Broker transaksi





SUMBER :
https://id.wikipedia.org

Sabtu, 14 November 2015

Test Akhir V-Class Jaringan Komputer Lanjut


1.      Service yang cara kerjanya mirip dengan mengirim surat adalah :
a. Connection Oriented         c. Semua jawaban benar
b. Connectionless Oriented     d. Semua jawaban salah
Jawaban : A. Connection Oriented

2.      Nama lain untuk Statistical Time Division Multiplexing (TDM) adalah :
a. Non-Intelligent TDM           c. Asynchromous TDM
b. Synchronous TDM              d. Semua jawaban benar
Jawaban : C. Asynchromous TDM

3.      Hubungan laju transmisi data dengan lebar pita saluran transmisi adalah :
a. Laju transmisi naik jika lebar pita berkuran.
b. Laju transmisi naik jika lebar pita bertambah.
c. Laju transmisi tidak bergantung pada lebar pita.
d. Semua jawaban salah.
Jawaban : d. Semua jawaban salah

4.      Teknik encoding Bipolar-AMI dan Pseudoternary termasuk dalam teknik :
a. Multilevel Binary               c. Biphase
b. NRZ                                     d. Manchester
Jawaban : a. Multilevel Binary

5.      Jika dua frame ditransmisikan secara serentak maka akan menyebabkan terjadinya tubruklan. Kejadian ini dalam jaringan dikenal dengan istilah :
a. Contention                          c. Crash
b. Collision                             d. Jabber
Jawaban : b. Collision

6.      Salah satu protocol CSMA yang tidak terus menerus mendengarkan channel adalah :
a. 1-persistent                         c. nonpersistent
b. p-persistent                          d. CSMA/CD
Jawaban : c. Nonpersistent

7.      Salah satu protocol yang bebas dari tubrukan adalah :
a. Bit-Map                              c. Carrier Sense
b. CSMA                                 d. ALOHA
Jawaban : a. Bit-Map

8.      Selective Repeater merupakan istilah lain dari :
a. Router                                 c. Gateway
b. Bridge                                d. Repeater
Jawaban : b. Bridge

9.      Dalam pemeliharaan ring logis 802.4, frame kontrol yang bertugas untuk mengijinkan suatu stasiun untuk meninggalkan ring adalah :
a. Claim_token                       c. Token
b. Who_follows                      d. Set_Successor
Jawaban : d. Set_Successor

10.  Algoritma yang digunakan untuk menghindari kemacetan adalah :
a. Broadcast Routing              c. Optimal Routing
b. Flow Control                     d. Flooding Routing
Jawaban : b. Flow Control

11.  Algoritma routing yang menggunakan informasi yang dikumpulkan dari subnet secara keseluruhan agar keputusannya optimal adalah :
a. Algoritma Global                c. Algoritma Terisolasi
b. Algoritma Lokal                  d. Algoritma Terdistribusi
Jawaban : d. Algoritma Terdistribusi

12.  Keuntungan multiplexing adalah :
a. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk satu terminal
b. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk banyak terminal
c. Komputer host memerlukan banyak I/O port untuk banyak terminal
d. Komputer host memerlukan banyak I/O port untuk satu terminal
Jawaban : b. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk banyak terminal

13.  Jenis kabel UTP digunakan untuk jaringan Ethernet :
a. 10Base2                               c. 10BaseT
b. 10Base5                              d. Semua jawaban benar
Jawaban : d. Semua jawaban benar

14.  Suatu algoritma routing yang tidak mendasarkan keputusan routingnya pada kondisi topologi dan lalulintas saat itu adalah :
a. Non adaptive                     c. RCC
b. Adaptive                             d. Hot potato
Jawaban : a. Non adaptive

15.  Data/message yang belum dienkripsi disebut dengan :
a. Plaintext                             c. Auntext
b. Ciphertext                           d. Choke Packet
Jawaban : a. Plaintext

16.  Algoritma Kontrol Kemacetan yang menjaga jumlah paket tetap konstan dengan menggunakan permits yang bersirkulasi dalam subnet adalah :
a. Kontrol Arus                       c. Pra Alokasi Buffer
b. Kontrol Isarithmic            d. Choke Packet
Jawaban : b. Kontrol Isarithmic

17.  Sekumpulan aturan yang menentukan operasi unit-unit fungsional untuk mencapai komunikasi antar dua entitas yang berbeda adalah :
a. Sintaks                                 c. Protokol
b. Timing                                 d. Routing
Jawaban : c. Protokol

18.  Algoritma yang digunakan oleh transparent bridge adalah :
a. RCC                                    c. Flooding
b. Backward Learning         d. Shortest path
Jawaban : b. Backward Learning

19.  Dalam model OSI internetworking membagi lapisan network menjadi beberapa bagian, kecuali
a. Intranet sublayer               c. Internet sublayer
b. Access sublayer                   d. Enhanchement sublayer
Jawaban : a. Intranet sublayer

20.  Teknik time domain reflectometry digunakan pada standard IEEE:
a. 802.2                                   c. 802.4
b. 802.3                                   d. 802.5
Jawaban : b. 802.3

21.  Suatu cara yang mempunyai kemampuan untuk menyedian privacy, authenticity, integrity dan pengamanan data adalah :
a. Enkripsi                             c. Deskripsi
b. Antisipasi                            d. Semua jawaban salah
Jawaban : a. Enkripsi

22.  Tujuan adanya jaringan komputer adalah…..
a. Resource sharing                 c. High reability
b. Penghematan biaya             d. Semua jawaban benar
Jawaban : d. Semua jawaban benar

23.  Mengontrol suapaya tidak terjadi deadlock merupakan fungsi dari lapisan :
a. Network Layer                  c. Data link Layer
b. Session Layer                      d. Application Layer
Jawaban : a. Network Layer

24.  Frame yang terjadi apabila suatu stasiun mentransmisikan frame pendek kejalur ring yang panjang dan bertubrukan atau dimatikan sebelum frame tersebut dikeluarkan. Frame ini disebut dengan istilah :
a. Orphan                                c. Pure
b. Beacon                               d. Semua jawaban salah
Jawaban : b. Beacon

25.  Wire center digunakan pada standar :
a. 802.2                                   c. 802.4
b. 802.3                                   d. 802.5
Jawaban : d. 802.5

26.  Komponen dasar model komunikasi adalah :
a. Sumber                                c. Media
b. Tujuan                                 d. Semua benar
Jawaban : d. Semua benar

27.  Di bawah ini termasuk Broadcast network :
a. Circuit Switching                c. Satelit
b. Paket Switching                  d. Semi Paket Switching
Jawaban : c. Satelit

28.  Paket radio termasuk golongan :
a. Broadcast                           c. Publik
b. Switched                             d. Semua benar
Jawaban : a. Broadcast        

29.  Di bawah ini termasuk guided media :
a. UTP                                     c. Fiber Optik
b. Coaxial                                d. Semua benar
Jawaban : d. Semua benar

30.  Modul transmisi yang sifatnya searah adalah :
a. Pager                                   c. TV
b. Simpleks                             d. Semua benar

Jawaban : b. Simpleks

Quiz V-class Jarkomlan

Quiz V-class Jarkomlan
1. Apakah dimaksud dengan komunikasi broadband ?
2. Sebutkan keuntungan SONET !
3. Jelaskan prinsip kerja dari ATM !
4. Apakah yang dimaksud dengan DSL?

Jawaban
1.Komunikasi Broadband adalah suatu layanan telekomunikasi data atau jaringan nirkabel yang memiliki bandwidth yang besar dan kecepatan tinggi. Komunikasi broadband menggunakan DSL, Modem Kabel, Ethernet, Wireless Access, Fiber Optik, W-LAN, V-SAT, dan lain sebagainya. Broadband sering disebut juga komunikasi masa depan karena memiliki internet dengan kecepatan yang tinggi. Broadband banyak dijumpai pada backbone dari suatu network. Aplikasi broadband dapat berupa layanan personal, layanan publik, layanan komersial dan layanan hiburan.

Selain itu, menurut wikipedia broadband adalah sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada 2 jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan Kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira – kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar. Menurut rekomendasi ITU No I.113, Komunikasi broadband adalah sebagai komunikasi dengan kecepatan transmisi 1,5 Mbps hingga 2,0 Mbps.

2.SONET (Synchronous Optical Network) adalah standar komunikasi digital untuk sistem transmisi yang dapat meningkatkan kapasitas bandwidth pada kabel serat optik tanpa perlu melakukan penambahan kabel optik.

Keuntungan SONET yaitu dapat memberikan fungsionalitas yang bagus untuk jaringan yang kecil, medium dan besar.
Jaringan backbone berfungsi untuk menyediakan konektifitas untuk jaringan jarak jauh.
Manajemen bandwidth berfungsi untuk melakukan proses routing dan manajemen trafik lalu lintas jaringan.
Collector rings menyediakan interfaces ke seluruh aplikasi, termasuk local office, PABX, access multiplexer, BTS dan terminal ATM.


3. ATM (Asynchronous Transfer Data) adalah sebuah protokol jaringan yang mentrasnmisikan data paket pada kecepatan 155 Mbps atau lebih. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio dan gambar. Dengan menggunakan kabel fiber optic ataupun twisted pair. ATM bekerja pada model topologi star yang umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan Local Area Network (LAN) dan Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses internet.
Prinsip Kerja ATM yaitu :

a. ATM telah direkomendasikna oleh CCITT sebagai mode transfer untuk B-ISDN.
b. Pada ATM, informasi dikirim dalam blok data dengan panjang tetap yang disebut sel. Sel merupakan unit dari switching dan transmisi.
c. Untuk mendukung layanan dengan rate yang beragam, maka pada selang waktu tertentu dapat dikirimkan sel dengan jumlah sesuai dengan rate-nya.
d. Sebuah sel terdiri atas information field yang berisi informasi pemakai dan sebuah header.
e. Informasi field dikirim dengan transparan oleh jaringan ATM dan tak ada proses yang dikenakan padanya oleh jaringan.
f. Urutan sel dijaga oleh jaringan dan sel diterima dengan urutan yang sama seperti pada waktu kirim.
g. Header berisi label yang melambangkan informasi jaringan seperti addressing dan routing.
h.Dikatakan merupakan kombinasi dari konsep circuit dan paket switching, karena ATM memakai konsep connection oriented dan menggunakan konsep paket berupa sel.
i. Setiap hubungan mempunyai kapasitas transfer (bandwidth) yang ditentukan sesuai dengan permintaan pemakai, asalkan kapasitas atau resource-nya tersedia.
j. Dengan resource yang sama, jaringan mampu atau dapat membawa beban yang lebih banyak karena jaringan mempunyai kemampuan statistical multiplexing.

4. DSL adalah teknologi akses yang menggunakan saluran kabel tembaga eksisting untuk layanan broadband. Teknologi DSL disebut juga xDSL dimana x berarti tipe/jenis teknologi.

Yang termasuk dalam teknologi DSL/xDSL anatara lain :
1. High-bit-rate Digital Subscriber Line (HDSL), covered in this article.
2.  Symmetric Digital Subscriber Line (SDSL), a standardised version of HDSL.
3. Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), a version of DSL with a slower upload seed.
4. Rate-Adaptive Digital Subscriber Line (RADSL).
5.  Very-high-bit-rate Digital Subscriber Line (VDSL).
6. Very-high-bit-rate Digital Subscriber Line 2 (VDSL 2), an improved version of VDSL.
7. G. Symmetric High-speed Digital Subscriber Line (G.SHDSL), a standardised replacement for early proprietary SDSL by the International Telecommunication Union Telecommunication Standardization Sector
 
        x-DSL mampu membawa informasi suara dan data (gambar atau video), untuk data dengan kecepatan bervariasi yaitu 32Kbps sampai 8 Mbps karena menggunakan kabel telepon maka xDSL menyediakan bandwidth frekuensi secara dedicated (no-share bandwidth). xDSL mempunyai bit-rate yang tinggi (Asymmetric dan Symmetric). xDSL menggunakan aplikasi Mode IP dan ATM. xDSL mudah diinstalasi dan langsung dapat dipakai.