Sabtu, 05 Oktober 2013

Pengertian Bahasa

Bahasa
Bahasa merupakan alat komunikasi yang berupa sistem lambang bunyi yang dihasilkan alat ucap manusia.Bahasa sendiri berfungsi sebagai sarana komunikasi serta sebagai sarana integrasi dan adaptasi.
Bahasa terdiri atas kata-kata atau kumpulan kata. Masing-masing mempunyai makna, yaitu, hubungan abstrak antara kata sebagai lambang dengan objek atau konsep yang diwakili kumpulan kata atau kosakata itu oleh ahli bahasa disusun secara alfabetis, atau menurut urutan abjad,disertai penjelasan artinya dan kemudian dibukukan menjadi sebuah kamus.

Berikut ini beberapa pengertian bahasa menurut para ahli :


1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 
Bahasa adalah sistem bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

2. Plato


Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut


3. Carol 

Bahasa merupakan sistem bunyi atau urutan bunyi vokal yang terstruktur yang digunakan atau dapat digunakan dalam komunikasi internasional oleh kelompok manusia dan secara lengkap digunakan untuk mengungkapkan sesuatu, peristiwa, dan proses yang terdapat di sekitar manusia.
4. Bill Adam

Bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif

5. Sudaryono

Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.

Aspek Bahasa
1.Aspek kognitif Bahasa
2.Aspek Fisiologis Bahasa
3.Aspek Sosial Bahasa

1.Aspek Kognitif Bahasa
Bahasa merupakan sistem tanda bunyi yg di gunakan oleh para anggota kelompok masyarakat tertentu dalam bekerja sama,berkomunikasi,dan mengidentifikasi diri.
Proses kognitif adalah proses untuk mendapatkan pengetahuan di dalam kehidupan yg di peroleh dari sebuah pengalaman.Proses kognitif melibatkan berbagai panca indra dan hasil proses kognitif disebut kognisi

2.Aspek Fisiologis
Aspek fisiologis meliputi :
a.Wujud fisik bahasa
b.Produksi bunyi bahasa
c.Satuan bunyi bahasa
d.Persepsi bunyi bahasa

3.Aspek Sosial bahasa 
Aspek sosial bahasa meliputi:
a.Keberagaman bahasa
b.Aturan-aturan dan Fungsi sosial bahasa
c.Ragam bahasa dalam masyarakat multibahasa

Fungsi Bahasa
Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi.Namun perlu diketahui bahwa fungsi bahasa pada dasarnya lebih dari sekadar alat untuk meyampaikan informasi ,atau mengutarakan pikiran, perasaan , atau gagasan.
Bahasa mempunyai fungsi yg lebih luas sebagai berikut :
1. Untuk tujuan praktis : Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari hari
2. Untuk tujuan artistik : Manusia mengolah dan menggunakan bahasa dengan seindah-indahnya guna             pemuasan rasa estetis manusia
3.Sebagai kunci mempelajari pengetahuan-pengetahuan lain,di luar pengetahuan kebahasaan
4.Untuk mempelajari naskah-naskah tua guna mempelajari dan menyelidiki latar belakang sejarah manusia,kebudayaan dan adat istiadat,serta perkembangan bahasa itu sendiri (tujuan fisiologis)

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar