Senin, 28 Maret 2016

Virtualisasi

Virtualisasi adalah membuat sebuah simulasi dari perangkat keras, sistem operasi, jaringan maupun yang lainnya. Di bidang teknologi informasi, virtualisasi digunakan sebagai sarana untuk improvisasi skalabilitas dari perangkat keras yang ada.

Menurut Alan Murphy dalam papernya Virtualization Defined – Eight Different Ways, menyebutkan setidaknya terdapat delapan istilah dalam penerapan virtualisasi. Diantaranya adalah operating system virtualization, application server virtualization, application virtualization, management virtualization, network virtualization, hardware virtualization, storage virtualization dan service virtualization.


Manfaat utama virtualisasi adalah bahwa fitur ini dapat memangkas biaya TI perusahaan. Misalnya, perusahaan yang memiliki beberapa server dapat menggunakan virtualisasi server untuk mengurangi jumlah server fisik, sehingga akan mengurangi biaya pemeliharaan dan keamanan.Virtualisasi juga dapat membantu Anda meminimalkan biaya operasional.
Setelah Anda melakukan virtualisasi, pemindahan konten server ke perangkat keras baru akan jauh lebih cepat dan mudah, baik secara internal maupun di cloud.










1 komentar: