Rabu, 08 Januari 2014

Cloud Computing

Komputasi awan (Cloud Computing) adalah sebuah informasi secara permanen tersimpan di dalam sebuah server di internet dan tersimpan sementara di komputer pengguna atau client seperti dekstop,notebook,komputer tablet dan lain-lain.





Manfaat Cloud Computing Pada Pendidikan

1. Dengan Cloud Education atau Cloud Campus maka siswa bisa mengikuti pelajaran tanpa harus datang ke sekolah tetapi bisa secara remote lewat internet. Sehingga jumlah peserta per-satu kelas bisa menjadi tidak terbatas seperti umumnya pendidikan yang membutuhkan ruangan secara fisik.

2. biaya penyelenggaraan pendidikan jadi jauh lebih murah.  Ditambah lagi dengan pemakaian ebook sebagai sumber pustaka sehingga bisa diberikan secara gratis kepada para siswa.

3. Cloud Computing juga memungkinkan instruktur untuk mengajar dari jarak jauh tanpa harus hadir ke satu lokasi tertentu atau kelas sehingga kita bisa mempunyai para instruktur berbobot dari manca negara.


Dalam kehidupan sehari-hari kita biasa mengupload foto-foto dari situs foto sharing dan mendwonload lagu-lagu dari 4share.com atau menulis artikel di google docs.Hal-hal itu adalah contoh ekcil dari penggunaan cloud computing.

Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com, Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll.

Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet.






referensi :
http://ku2harlis.wordpress.com/cloud-computing-dan-aplikasi-cloud-computing/

Judul buku : Cloud Computing (Penulis : Elcom  & Penerbit : Andi Publisher)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar